Bela Anggaran

5 Desa di latih oleh Fitra Riau dan Serindit.ID dalam pengelolaan SID dan Website Desa

  • Admin
  • 2022-12-27

Fitra Riau2022_  “ Pada dasarnya Desa itu harus memiliki website yang perlu dikelola dengan baik. Maka dalam hal ini kami dari Fitra Riau Bersama serindit.id melakukan kegiatan penguatan kapasitas pengelolaan SID dan Website Desa dengan tujuan agar website desa ini bisa dimanfaatkan dengan baik” Jelas Triono dalam sambutannya. 

Selama dua hari tanggal 26-27 Desember 2022 Fitra Riau dan serindit.id menggelar pelatihan bagi perangkat desa di Evo hotel pekanbaru. Peserta dilatih dalam pengelolaan SID dan Website desa serta bagaimana menyajikan konten menarik untuk di publikasikan di website maupun sosial media Desa. 

Menurut Triono Hadi” Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih, bagi perangkat desa agar berkembang dan bisa memanfaatkan potensi website Desa.

Peserta dalam pelatihan ini terdiri dari 10 orang peserta yang merupakan perwakilan dari lima desa di tiga Kabupaten di Riau yaitu Kabupaten Indragiri hilir, Pelalawan dan Siak. 2 Desa dari kabupaten pelalawan, 1 desa dari Kabupaten Inhil dan 2 desa dari Kabupaten Siak. Desa yang turut hadir di Kabupaten Pelalawan adalah desa Bukit lembah subur dan desa Beringin Indah, Kabupaten Inhil ada desa Harapan Jaya dan di Kabupaten Siak ada Kampung Tualang dan Rawa Mekar Jaya. 

“Hadirnya website ini sebagai peluang bagi desa untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di Desa, banyak hal-hal yang baik yang harus di publikasikan di website desa, selain itu website desa ini juga bagian dari mewujudkan good governance di desa yang mana dari proses ini turut mendukung keterbukaan informasi Publik” Ungkap Rian Koordinator serindit.id. 

Dalam Pelatihan ini ada beberapa materi yang disajikan oleh Tim serindit mulai dari pengelolaan website, penulisan berita sampai dengan videografi. Peserta sangat bersemangat  dalam mempelajari materi yang diberikan. oleh Tim Serindit.  Peserta di berikan tugas atau mempraktekkan Materi-materi seperti mewawancarai, menulis sampai membuat video konten. 

Masing-masing desa yang mengikuti pelatihan ini, mendapatkan 1 Sistem Informasi Desa dan 1 website desa dengan Domain Desa.id. setelah pelatihan ini Desa akan terus mendapatkan pendampingan dalam pengelolaan SID dan pembuatan konten untuk Website masing-masing Desa.