Selisih APBD Riau 2015

Selisih APBD Riau 2015

15Pemerintah Provinsi Riau sampai saat ini tidak bisa menjalankan APBD 2015 karna banyak perbedaan besaran anggaran dalam pengalokasianya, antara APBD hasil pembahasan DPRD dengan APBD yang dikeluarkan TAPD Pemerintah Daerah. jika Pemda tetap ingin melaksanakan APBD 2015 maka harus mengikuti hasil pembahasan DPRD karna jelas payung hukumnya melalui mekanisme sebagaimana diatur dalam UU Keuangan Negara.

Terjadinya perbedaan tersebut menandakan adanya alokasi anggaran “bodong atau palsu” dan pastinya tidak masuk dalam pembahasan di DPRD, Pemerintah Daerah tentu tidak bisa merubahnya tanpa terlebih dahulu merubah proses perencanaan sebelumnya seperti KUA-PPAS dan dokumen lainnya, lebih ditekankan lagi adalah untuk melakukan perubahan tersebut harus pada saat APBD Perubahan.

Adapun perbedaan besaran anggaran jauh berbeda, seperti Pendapatan Daerah hasil pembahasan DPRD sebesar Rp. 8,718 Triliun terjadi kenaikan sebesar Rp. 2,8 miliyar pada APBD yang dikeluarkan TAPD menjadi Rp. 8,721 triliun, dan juga ada beberapa komposisi pendapatan juga terjadi penurunan alokasi anggarannya seperti Dana Perimbangan (Banggar) sebesar Rp. 4,41 Triliun turun sebesar Rp. 217,8 M dalam APBD (TAPD) menjadi sebesar Rp.4,19 Triliun. Begitu juga dengan Belanja daerah adanya perbedaan besaran alokasi anggaran, seperti perkiraan Belanja Daerah hasil pembahasan DPRD sebesar Rp. 10,71 Triliun turun sekitar Rp. 34,6 milyar menjadi Rp. 10,68 Triliun pada APBD yang dikeluarkan TAPD, begitu juga dengan jenis belanja lainnya banyak terdapat perubahan anggaran baik bertambah atau berkurang, seperti alokasi Belanja Hibah (banggar) sebesar Rp. 850,9 M naik sebesar Rp. 219,7 M menjadi Rp. 1,07 Triliun.

Saat ini untuk melaksanakan APBD 2015 yang harus dilakukan Pemerintah Daerah dan DPRD adalah menyisir ulang semua item APBD, apa-apa saja program dan kegiatan yang tidak masuk dalam pembahasan di DPRD untuk dibuang. Jika pemerintah daerah tetap melaksanakan APBD 2015 tanpa melakukan perbaikan jelas melanggar hukum.

1,589 total views, 2 views today

Let's Share...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on LinkedIn
Share