Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Activitas

Dalam mengemban Visi da Misi Fitra Riau tersebut, strategi dan lingkup aktivitas yang dijalankan sebagai berikut :

  • Pengorganiasian Komunitas

Dalam melakukan aktivitasnya, Fitra Riau melibatkan komunitas sebagai upaya penyadaran hak dan peningkatan kapasitas warga untuk berperan aktif dalam tata kelola pemerintahan lokal. Hal ini dilakukan melalui apa yang disebut sebagai pengorganisasian komunitas, berupa fasilitasi dan pembentukan community center yang berperan sebagai katalisator  untuk menampung dan menyalurkan aspirasi warga (termasuk keluhan);  fasilitasi pengembangan inisiatif warga dalam  pengusulan anggaran publik dan rancangan kebijakan publik, serta fasilitasi  warga untuk menilai kinerja pelayanan publik.

  • Penelitian

Penelitian sangat diperlukan untuk memastikan keberhasilan dan kualitas advokasi (evidence bases advocacy). Fitra Riau telah memiliki banyak pengalaman penelitian kualitatif, baik yang langsung dilakukan oleh Fitra Riau maupun berjaringan dengan lembaga lain ditingkat lokal maupun nasional. Menjadi fokus penelitian yang dilakukan tidak terbatas pada, penelitian anggaran mencakup perencanaan pelaksanaan dan pertanggungawaban, penelitian kebijakan pengelolaan sumberdaya alam, penelitian sosial dan ekonomi.

  • Memperkuat lembaga Fitra Riau melalui Budget Resource Center (BRC)

Fitra Riau salah satu simpul jaringan Seknas Fitra, yang mengembangkan Budget Reource Center (BRC) atau pengetahuan anggaran sebagai sarana untuk mendukung kerja-kerja rutin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sipil, media massa dan pengambil kebijakan khususnya ditingkat daerah. Fungsi BRC meliput :

  • Pusat data,
  • Pusat Analisis,
  • Pusat Informasi
  • Pusat Pembelajaran anggaran.
  • Melakukan advokasi kebijakan publik ditingkat daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota).

Upaya yang dilakukan untuk mencapai target perubahan kebijakan diantaranya adalah menggunakan pendekatan kampanye dan publikasi, doalog kebijakan, dialog dan loby kebijakan, konsultasi dan asistensi teknis serta melakukan upaya litigasi.  

 

271 total views, 1 views today

Let's Share...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on LinkedIn