Pengalaman

Pengalaman dan Wilayah Jangkauan

Sejak berdirinya tahun 2002, Fitra Riau telah mengembangkan berbagai kajian, peningkatan kapasitas CSO dan warga, technical asistensi penyelenggaran pemerintah, advokas mendorong perubahan kebijakan, serta mendorong transparansi dan akuntabilitas kinerja lembaga publik. Kegiatan tersebut dilakukan  di tingkat Provinsi dan mencakup 8 daerah (Kabupaten/Kota) di Provinsi Riau. Berikut wilayah jangkaun dan isu Fitra Riau :

Kegiatan – kegiatan utama  untuk mempengaruhi kebijakan adalah, promosi transparansi dan akuntabilitas meliputi : Penerimaan sumber daya alam, pengelolaan sumberdaya alam.. Transparansi dan akuntabilitas penggunaan DBH SDA untuk penanggulangan kemiskinan, Mendorong transparansi kebijakan tata kelola hutan dan lahan serta kebiakan anggaran responsip terhadap penyelematan sumberdaya alam, pengawasan pelayanan dasar publik kesehatan dan pendidikan, Mendorong pembagian DBH MIgas dan Kehutanan sampai ke level desa. FItra Riau juga pernah melakukan advokasi anggaran dengan pendekatan litigasi pada tahun 2013 dengan melakukan Judicial Review APBD Provinsi Riau tahun 2013 ke Mahkamah Agung.

Selain itu, Penguatan masyarakata untuk berpartisipasi dalam pengawasan dan pengambilan kebijakan publik, pengorganisasian dan pembentukan komunitias warga desa penghasil migas, penguatan kapaistas CSO dan warga untuk mengakses informasi publik, pengutan kapasitas pemerintah dan masyarakat desa dalam pengelolaan keuangan desa. Pelatihan anggaran untuk mahasiswa dan media massa.

Selama kurun waktu itu, Fitra Riau telah melakukan kerjasama dengan mitra-mitranya, baik itu lembaga donor, NGO Lokal dan Nasional, pemerintah daerah untuk mengembangkan model perbaikan pelayanan publik, reformasi kebijakan, dan pengelolaan anggaran yang lebih berpihak pada kepentingan publik. FItra Riau menjadi rujukan utama bagi media massa di lokal dan nasional terkait dengan isu kebijakan anggaran.

Koalisi, Jaringan Kerja dan Mitra

No Organization Level Status
1 The Asia Foundation (TAF) Partners
2 Ford Foundation Partners
3 Management Sistem International (MSI) Sub Local parners
4 Seknas FITRA National Member
5 PWYP Indonesia National Member
6 ICW National Partners
7 Indonesia Budget Center National Partners
8 Pattiro National Partners
9 Indonesia Parlemetary Center (IPC) National Partners
10 FoI Network Indonesia Coalition National Member
11 Shamdana Institut National Partners
12 JIKALAHARI Local Member
13 Walhi Riau Local Partners
14 Yayasan Mitra Insani Local Partners
15 LBH Pekanbaru Local Partners
16 Riau Women Working Group (RWWG) Local Partners
17 Rupari Local Partners
18 Bunga Bangsa Local Partners
19 Koalisi Keterbukaan Informasi (21 Lembaga) Lokal Riau Local Member / Lead
20 Pemerintah Daerah (Pelalawan, Indrgairi Hulu, Bappeda  Provinsi Riau) Local Partners
21 Komisi Informasi Riau Local Partners
22 KPU dan PANWASLU Local Partners

 

Produk dan Publikasi

FITRA Riau telah berkontribusi terhadap meningkatnya kesadaran, pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam perencanaan penganggaran serta mempengaruhi proses pengambilan kebijakan anggaran oleh pemerintah dan legislatif. Produkproduk yang dihasilkan antara lain berupa buku panduan/modul, policy/budget brief, Pers rilis, konferensi, seminar.  FITRA Riau melalui kegiatan advokasi telah berhasil mendorong terbitnya regulasi ditingkat daerah yaitu, 1 Peraturan Bupati, 2 SK Komisi Informasi Riau, 3 Surat Edara Komisi Informasi Riau.

Untuk mempublikasikan produk-produk tersebut Fitra Riau mengembangkan system publikasi terintegrasi. Diawali dengan publikasi melalui website www.fitrariau.org dan disebarluaskan melalui media sosial (twiter, facebook, instagram). Sementara yang bentuk offline system yang dibangun dengan mindistribusikan ke lembaga – lemaga jaringan, komunitas yang telah dibentuk.

184 total views, 1 views today

Let's Share...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on LinkedIn